Ini Penyebab Munculnya Uban di Usia 20 Tahun

Jum'at, 18 November 2016 - 06:18 WIB
Ini Penyebab Munculnya Uban di Usia 20 Tahun
Ini Penyebab Munculnya Uban di Usia 20 Tahun
A A A
NEW YORK - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari munculnya uban di usia 30-an. Namun, uban juga bisa tumbuh pada mereka di usia yang lebih muda.

Seperti halnya di usia 20-an. Menurut beberapa penelitian, tumbuhnya uban di usia muda bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut penyebab munculnya uban di usia muda menurut ahli dermatologi bersertifikat dan direktur Premier Dermatology di San Farncisco, Amerika Serikat, Marie Jhin, MD seperti dilansir dari Health.

1. Stres berlebih
Penelitian dari New York University di tahun 2013 yang dipublikasikan di Nature Medicine menyatakan, bahwa stres memicu penipisan sel punca dari dasar folikel rambut pada tikus percobaan.

2. Kondisi Medis
Munculnya uban prematur disebabkan oleh masalah kesehatan seperti tiroid atau masalah kelenjar pituitari. Selain itu, uban juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo.

3. Kekurangan Vitamin
Hal yang paling sering terjadi adalah kurangnya vitamin B12. Umumnya kondisi ini dipicu oleh anemia akut, penurunan sel darah merah yang disebabkan usus tidak bisa menyerap vitamin B12 yang cukup.

4. Rokok
Sebuah penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara rokok dengan munculnya uban di usia sebelum 30 tahun. Jika diperhatikan, umumnya perokok akan melihat adanya kerutan di kulit mereka dan akan memengaruhi seluruh folikel rambut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5962 seconds (0.1#10.140)